Manfaatkan Potensi Diri Untuk Menghasilkan Uang | You Are A Badass At Making Money (Jen Sincero)

Kondisi finansial saat ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi kita dan ditentukan oleh diri kita sendiri

Ternyata guys, ada tiga hal abstrak yang akan mempengaruhi kondisi finansial kita lho. Mau tau apa aja itu?

Yang pertama KEYAKINANNYA
Pada manusia-manusia tertentu atau mungkin kebanyakan orang ada yang meyakini bahwa uang itu sifatnya jahat. Bisa mengubah sifat seseorang menjadi buruk, mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa seperti perpecahan rumah tangga, menjadikan seseorang sombong, angkuh.

Kedua apa ya yang mempengaruhi kondisi finansial ini?

Itu adalah KATA-KATANYA. Dimana ada orang-orang yang pesimis dengan mengucapkan kata-kata negatif. Sehingga ini menghambat ia untuk maju dan menjadikan diri kita gak mau dan berusaha untuk keluar dari zona nyaman. Akhirnya kondisinya tidak berubah.

Dan yang ketiga adalah PEMIKIRAN-PEMIKIRANNYA.

Tidak diragukan lagi bahwa setiap perilaku dan tindakan kita semua dimulai dari pikiran. Bagaimana kualitas pemikiran kita akan terlihat dari bagaimana kita melihat peluang kemudian tindakan yang ambil sesudahnya.

Satu hal yang sangat diyakini oleh penulis buku ini, Jen Sincero adalah cara kerja Law Of Attraction. Di mana alam semesta bekerja sesuai dengan energi yang kita kirimkan. Saat kita menumbuhkan energi positif dalam diri, hal ini dibaca semesta sebagai sesuatu yang positif juga. Sehingga alam semesta membantu mewujudkannya, dalam hal ini perbaikan finansial ya.

Hei! Bukankah memang begitu cara Allah menurunkan RahmatNya kepada hambaNya?

“Allah itu sesuai prasangka hambaNya.” Jadi bersangkalah yang baik, maka Allah turunkan yang baik untukmu.

Trus mengapa sampai saat ini uang kita masih segitu-segitu aja ya? 🤭🤭

Ternyata ini dipengaruhi oleh persepsi kita tentang uang, guys. Jadi, ketika kita mau menghasilkan uang harus dipikirkan adalah dari mana kita mendapatkan uang? Siapa yang akan memberikan uang kepada kita?

Bila kita secara rasional tidak menemukan jawabannya, yang terjadi adalah kita putus asa yang membuat kita berpikir bahwa kita memang ditakdirkan hidup begini-begini saja. Kita tidak akan mungkin mendapatkan uang yang banyak itu.

Padahal cara terbaiknya untuk menemukan jawabannya adalah kita menengok ke dalam diri dan mengubah apa-apa yang bisa jadi lemah dan masih kurang untuk bisa maksimal menghasilkan uang. Hmm … Ubah dulu kebiasaan kita, tingkatkan usaha, manfaatkan potensi secara maksimal. Jangan pikirkan berapa jumlah uang yang datang, lakukan yang terbaik dengan potensimu, maka uang akan datang sendiri.

Serius! Hal ini realistis, teman. Saya sering melihat teman-teman yang sering ikutan quiz-quiz atau give away yang diadakan akun instagram atau antusias mengikuti event-event yang diadakan oleh instansi apa saja ya. Biasanya mereka memang sering dapat uang dari ikutan yang begitu. Beda dengan saya yang cuma pengen dapat uang. Tapi, boro-boro komen buat ikutan. Dikirimi link quiz atau iklan event aja, saya jarang ngeklik.

Itu contoh kecil ya. Memaksimalkan usaha untuk mendapatkan uang atau rezeki yang lebih banyak.

Jadi kalau mau dapat uang dari event-event give away, yang tadinya malas ngeklik, mesti mulai ngeklik. Yang tadinya ogah komen supaya bisa jadi kandidat pemenang, mesti mulai rajin komen.

Intinya adalah perubahan, teman. Perubahan diri yang meninggikan semangat, menggunakan semua kemampuan akan menjadi penyebab datangnya uang tanpa kita pikirkan berapa datangnya.

Dalam buku ini, Jen Sincero juga menuliskan latihan-latihan apa yang mesti dilakukan untuk menarik uang ke dalam hidup kita.

Latihan satunya apa?
Ini dia … KONFRONTASI KETAKUTAN.

Bagaimana itu maksudnya?
Bahwa saat kita akan melakukan sesuatu, ada hal yang muncul dalam pikiran kita. Rasa takut yang jadi penghambat kemajuan dan akhirnya kita tidak jadi melangkah. Kita takut omongan orang, takut gagal, takut salah jalan, takut mengacaukan masa depan. Yang terjadi adalah kita membatalkan untuk melakukannya.

Menurut Jen Sincero, justru saat rasa takut itu muncul, kita harus melakukannya. Hadapi langsung ketakutan itu. Awalnya mungkin kita memang takut. Tapi, keasikan kita karena melakukan sesuatu yang kita sukai akhirnya membuat kita melampaui itu semua dan setelah beberapa waktu, semua akan terasa baik-baik saja.

Saya berpikir, mungkin ini yang membuat orang sukses sudah gak peduli dengan ucapan dan pendapat orang lain. Karena ia sudah melalui semua itu untuk mendatangkan uang. Sedangkan mereka yang mengucapkan hal-hal negatif tentang dia, malah menjadi orang yang tertinggal darinya. Canggiiih yak! 😎

Oke kita masuk ke latihan ke dua yak.

Latihan ini ternyata mudah, teman. Sedikit sulit mungkin. Tapi bisa! 😉 Apa latihannya? Latihannya adalah JAGA UCAPAN. Kita harus mulai memperhatikan dan membiasakan mengucap kata-kata baik yang akan membantu mengubah persepsi diri. Misalnya ada pelatihan yang menurut kita mahal. Kemudian kita mengatakan, “Ah gak mungkin bisa ikutan. Karena saya gak punya cukup uang.” Itu gak tepat menurut Jen Sincero. Pada saat begini ucapan kita semestinya adalah, “Tentu ada cara.” Karena selalu ada cara dan memang setiap masalah ada jalan keluarnya.

Latihan selanjutnya TUTUP MULUT. Maksudnya ada masanya kita tidak bicara tapi lebih kepada fokus menenangkan diri, menata kembali pikiran-pikiran positif di kepala kita kemudian memvisualisasikan mimpi-mimpi yang benar-benar kita inginkan.

Yang terakhir adalah latihan paling unik yang baru saya ketahui melalui Jen Sincero. Yaitu latihan MENULIS SURAT PADA UANG. Hal ini dilakukan demi membangun kedekatan kita dengan uang.

Bunyinya mungkin seperti ini,

Dear uang. Kamu adalah sesuatu yang penting dalam hidup saya. Saya menyukai kamu dan membutuhkan kamu dalam hidup saya … Dan seterusnya.

Masuk ke bagian lain dari buki ini. Bagian yang mengungkap cara menjadi kaya. Setidaknya disebutkan empat cara.

Dimulai dengan JADILAH SPESIFIK. Buatlah atau ucapkan dan bayangkan sesuatu yang spesifik. Karena hal demikian akan menumbuhkan emosi. Emosi akan mendorong kita untuk mengusahakannya. Ganti harapan, “Aku mau bahagia.” Dengan sesuatu yang spesifik semisal, “Aku akan punya kekayaan 100 miliyar di usia 45 tahun.”

Jadi lebih greget kan? 😆😆😆

Kedua SELARAS DENGAN DIRI SEJATI. Sadarilah bahwa diri kita punya potensi unik. Kita semua diciptakan dengan maksud tertentu untuk kehidupan. Sehingga kembangkan bakat kita dan semua potensi yang kita miliki lalu gunakan sebesar-besarnya untuk berkontribusi pada semesta ini.

Dilanjutkan dengan, AMBIL SIKAP “DAN”. Buatlah sebanyak mungkin pilihan yang ingin kita lakukan dan kita mampu serta memang berbakat untuk melakukannya. Jangan terjebak untuk memilih satu hal untuk fokus di satu tempat. Karena sangat mungkin bagi seorang manusia yang diberi Allah potensi-potensi untuk melakukan beberapa hal secara bersamaan.

Pernah dengar saat Najwa Shihab ditanya tentang pilihan, “IRT atau Karir.”

Tau gak apa jawabannya? “Kenapa perempuan harus memilih. Sedangkan dia bisa melakukan keduanya. Meminta perempuan untuk memilih, berarti meragukan kemampuan perempuan.” Kurang lebih begitu jawaban Najwa.

Ada benernya kan? Yap! Lakukan beberapa hal, tekuni dan raih semua mimpi kita dengan melakoni semua yang bisa kita lakukan. Jadi katakan, “Aku ingin jadi ibu rumah tangga DAN pengusaha yang sukses.” atau “Aku mau jadi guru DAN hafidzah DAN musisi DAN youtuber DAN pengusaha sukses.” Ahaha. Maunya banyak. Aamiin Yaa Rabbal’aalamiin

Cara menjadi kaya yang berikutnya adalah MEMBUKA DIRI. Berhenti menjadi orang sok tau, merasa cukup dengan ilmu. Mulailah membuka diri untuk masukan orang, ilmu baru, teruslah berkembang dengan menambah wawasan dan skill baru.

Di akhir bukunya, Jen Sincero menuliskan tentang MENTAL UNTUK MENJADI ORANG KAYA.

Jen Sincero menyebutkan ANDA HARUS FOKUS tapi pada saat yang sama kita harus bisa dengan mudah mengubah fokus kita. Misalnya kita punya hutang tapi kita bukan fokus pada hal tersebut. Melainkan pada potensi-potensi yang membuat adanya peluang dan jalan keluar kita dari hutang. Fokus pada kekuatan dan kemampuan serta hal yang mungkin menjadi kesempatan untuk mengeluarkan kita dari kelemahan.

Lalu CIPTAKAN EMOSI YANG POSITIF. Keunikan emosi adalah ia punya ruang yang sempit sehingga pelit untuk berbagi tempat dengan yang lain. Jika di hati kita sudah hadir satu emosi maka tidak akan ada emosi lain yang bisa masuk. Lahirkan bahagia, supaya sedih tidak melingkupi. Hadirkan kasih sayang, sehingga amarah akan pergi. Eeeaaaa.

MANFAATKANLAH IMAJINASI

dan

MANFAATKAN KEKUATAN TEKAD. (Dibahas dalam tulisan tersendiri)

Dan ada juga PENTINGNYA KEYAKINAN dan RASA SYUKUR. (Baca sendiri bagian ini) Ah Bang Irwan mah gitu. 😂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *