5 Keunikan Pulau Kalimantan – Nomor 4 Paling Aneh

P_20190113_074041_vHDR_Auto

Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi lautan sehingga disebut juga sebagai negara bahari, menjadikan hidup di Indonesia adalah sebuah anugerah bagi siapapun. Bagaimana tidak. Ini adalah negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Termasuk juga kekayaan sumber daya manusianya.

Dengan lima pulau besar menjadikan wilayahnya cukup luas dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Satu diantara pulau tersebut adalah Kalimantan.

Kalimantan yang pada zaman penjajahan disebut sebagai Borneo. Merupakan pulau besar dengan bentuk unik. Letaknya Ada diantara Pulau Jawa dan Sulawesi. Salah satu Provinsi termuda pun ada di pulau ini. Namun, kecuali bentuknya, Kalimantan juga memiliki keunikan lain. Kita tengok sama-sama.

1. Tugu Khatulistiwa

Pontianak. Kenal nama daerah ini? Letaknya di Kalimantan Barat. Tepatnya di Pontianak Utara. Pengaturan pembagian waktu yang diatur oleh letak bujur dan lintang ditentukan letak Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument ini. Ada hal penting yang terjadi di sekitar Tugu. Peristiwa yang menakjubkan tepatnya. Peristiwa titik kulminasi matahari, yakni fenomena hilangnya bayangan benda-benda di sekitar tugu. Ini terjadi ketika posisi matahari tepat di atas kepala dan garis Khatulistiwa.
2. Tiga Negara Dalam Satu Pulau

Dalam pulau besar yang satu ini, bukan hanya terdapat wilayah Indonesia saja. Jika Kita melihat di dalam peta. Bagian atas adalah Provinsi termuda, Kalimantan Utara. Ke bawah sebelah kiri ada Kalimantan Barat. Keduanya berbatasan dengan Malaysia. Kemudian di dalam wilayah kekuasaan Malaysia itu ada sebagian kecil wilayah Brunei. Yap! Ada tiga negara yang wilayahnya menyatu pada tanah Borneo. Karenanya, jika kita melihat kebudayaan di perbatasan tiga negara ini sangat mirip. Kesenian yang sesekali muncul di ajang-ajang kontes talent Asia.

3. Ribuan Sungai

Kalimantan juga merupakan pulau dengan banyak Sungai. Sehingga ia juga mendapat sebutan Pulau Seribu Sungai. Bahkan diantara ribuan sungai-sungai lainnya ada tiga Sungai di Kalimantan yang masuk dalam lima besar Sungai terpanjang di Indonesia. Di Kalimantan Barat ada Sungai Kapuas sepanjang 1.143 kilometer. Sedangkan di Kalimantan Timur ada Sungai Mahakam dengan panjang 920 kilometer dan Sungai Barito yang mengalir mulai dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan dengan panjang aliran 890 kilometer. Sungai Barito ini adalah Sungai yang biasa difungsikan masyarakat sekitar sebagai pasar apung.

4. Telinga Terpanjang

Wiih! Apalagi ini? Telinga terpanjang? Iyap. Di Kalimantan ada suku Dayak. Pada suku Dayak tertentu ada kebiasaan untuk menambah anting pada kaum wanita setiap bertambahnya usia. Maka semakin berusia seorang perempuan Dayak, telinganya akan semakin panjang disebabkan anting yang jumlah dan beratnya semakin bertambah. Panjang telinga dan beratnya anting juga bisa menentukan kasta atau kedudukan seorang perempuan. Hal ini bisa menjadi ukuran mahar ketika meminang seorang perempuan dari suku Dayak.

5. Paling Aman Dari Bencana

Selain daerah yang cukup kondusif dalam segi keamanan, demikian juga dalam peristiwa bencana alam. Posisi Kalimantan termasuk cukup jauh dari gunung-gunung berapi. Bencana paling besar di Kalimantan mengalami bencana banjir karena meluapnya Sungai-sungai yang memang cukup banyak. Terakhir juga mengalami gempa kecil yang merupakan pengaruh resonansi dari gempa Palu.

Indonesia dengan segala kelebihannya. Kalimantan adalah satu diantara Keajaiban yang ada di tanah ini. Tentu banyak lagi ya, keunikan lain di pulau-pulau yang jumlahnya belasan ribu. Kekayaan berupa keunikan yang bila dimanfaatkan dan difungsikan dengan benar dan adil, maka tentu akan membantu meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.

Your Author

2 thoughts on “5 Keunikan Pulau Kalimantan – Nomor 4 Paling Aneh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *